Auto Restart Service NodeJS Saat File Source Code Berubah

hotnode

Saat pengembangan aplikasi berbasi NodeJS, seringkali kita harus merestart aplikasi yg dijalankan via console sesudah melakukan perubahan di source code. Tentu ini bisa menjemukan, terutama jika kita sudah terbiasa mengembangkan aplikasi berbasis PHP. Karena kalau di PHP kita bisa langsung melihat perubahan dengan refresh browser selama proses pengembangan aplikasi.

Sebenarnya ada package yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan hotnode, kita tinggal menjalankan file utama seperti biasa melalui console, bedanya kita tidak memakai node namun hotnode seperti berikut.

install hotnode melalui npm terlebih dahulu

npm install -g hotnode

sesudah itu eksekusi file nya

hotnode namafile.js

Kerennya, hotnode akan mengecek tidak hanya perubahan di file utama tapi juga file file di folder tersebut sekaligus sub foldernya juga.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat

10 Replies to “Auto Restart Service NodeJS Saat File Source Code Berubah”

    1. iya betul. belum nyoba Ghost si, tp harusnya begitu kalo dilihat dari source nya. Tapi kalo production jgn lupa diganti pake node lg kak Gojeg

        1. kalo nodemon atau hotnode buat development aj om. saya biasanya juga pake forever. tapi pengen nyoba pm2 juga, belum sempet 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *